Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Bab 8 Drama – Drama Kehidupan


Drama menjadi suatu hal yang tidak bisa terlepaskan di kehidupan. Drama bisa menjadi sebuah kesenian yang menghibur para penonton atau penikmat drama. Drama sangat banyak ditemukan di dalam televisi ataupun kehidupan nyata yang disengaja. Berikut ini adalah rangkuman mengenai bab Drama di kelas 8 SMP.






A. Mendalami Unsur – Unsur Drama





1. Karakteristik Drama





Ciri utama drama sebagai berikut :





  • Berupa cerita. 
  • Berbentuk dialog. 
  • Bertujuan untuk dipentaskan.




Istilah-istilah yang merujuk pada pengertian drama tradisional masyarakat :





a. Sandiwara 





Istilah sandiwara diciptakan oleh Mangkunegara VII, berasal dari kata bahasa Jawa sandhi yang berarti ’rahasia’, dan warah yang berarti ’pengajaran’. Oleh Ki Hajar Dewantara, istilah sandiwara sebagai pengajaran yang dilakukan dengan perlambang, secara tidak langsung.





b. Lakon 





Istilah ini memiliki beberapa kemungkinan arti, yaitu (1) cerita yang dimainkan dalam drama, wayang, atau film (2) karangan yang berupa cerita sandiwara, dan (3) perbuatan, kejadian, peristiwa. 





c. Tonil 





Istilah tonil berasal dari bahasa Belanda toneel, yang artinya ’pertunjukan’. Istilah ini populer pada masa penjajahan Belanda. 





d. Sendratari 





Sendratari kepanjangan dari seni drama dan tari. Sendratari berarti pertunjukan serangkaian tari-tarian yang dilakukan oleh sekelompok orang penari dan mengisahkan suatu cerita dengan tanpa menggunakan percakapan. 





e. Tablo 





Tablo merupakan drama yang menampilkan kisah dengan sikap dan posisi pemain, dibantu oleh pencerita. Pemain-pemain tablo tidak berdialog.





2. Unsur-unsur Drama





a. Alur 





Alur adalah rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita. Alur drama mencakup bagian-bagian 1) pengenalan cerita; 2) konflik awal; 3) perkembangan konflik; dan 4) penyelesaian. 





b. Penokohan 





Penokohan merupakan cara pengarang di dalam menggambarkan karakter tokoh. Dalam pementasan drama, drama mempunyai posisi yang penting. Tokohlah yang mengaktualisasikan naskah drama di atas pentas. Tokoh yang didukung oleh latar peristiwa dan aspek-aspek lainnya akan menampilkan cerita dan pesan-pesan yang ingin disampaikan. 





Berdasarkan perannya, tokoh terbagi atas tokoh utama dan tokoh pembantu.





  • Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi sentral cerita dalam pementasan drama. 
  • Tokoh pembantu adalah tokoh yang dilibatkan atau dimunculkan untuk mendukung jalan cerita dan memiliki kaitan dengan tokoh utama.




Berdasarkan segi perwatakannya, tokoh dan perannya dalam pementasan drama terdiri empat macam.





  • Tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perkembangan nasib atau watak selama pertunjukan.
  • Tokoh pembantu adalah tokoh yang diperbantukan untuk menyertai, melayani, atau mendukung kehadiran tokoh utama.
  • Tokoh statis adalah tokoh yang tidak mengalami perubahan karakter dari awal hingga akhir dalam dalam suatu drama. 
  • Tokoh serbabisa adalah tokoh yang dapat berperan sebagai tokoh lain.




c. Dialog 





Ketiga elemen yang tidak boleh dilupakan dalam dialog adalah tokoh, wawancang, dan kramagung. 





  • Tokoh adalah pelaku yang mempunyai peran yang lebih dibandingkan pelaku-pelaku lain, sifatnya bisa protagonis atau antagonis. 
  • Wawancang adalah dialog atau percakapan yang harus diucapkan oleh tokoh cerita. 
  • Kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan, atau perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh. 




d. Latar 





Latar adalah keterangan mengenai ruang dan waktu. Penjelasan latar dalam drama dinyatakan dalam petunjuk pementasan. 





5. Bahasa 





Bahasa merupakan media komunikasi antartokoh. Bahasa juga bisa menggambarkan watak tokoh, latar, ataupun peristiwa yang sedang terjadi.





B. Menafsirkan Kembali Isi Drama





1. Ada Drama dalam ”Tayangan” Sehari-hari





Ketika menikmati tayangan film pun kita tidak sekadar memperoleh hiburan, kita pun dapat memperoleh sejumlah pelajaran hidup yang dapat pula kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita pun perlu bersikap kritis atau melakukan penilaian-penilaian terhadap tayangan itu atas baik buruknya terhadap kita sebagai penontonnya.





2. Tanggapan untuk Pementasan Drama





Tanggapan yang baik tidak sekadar menyatakan setuju atau tidak setuju. Tanggapan harus disertai dengan alasan-alasan yang logis dan meyakinkan. Selain itu, tanggapan hendaknya menggunakan kata-kata santun yang tidak menyinggung perasaan orang lain.





C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Drama





1. Struktur Teks Drama





Struktur drama yang berbentuk alur pada umumnya tersusun sebagai berikut :





  1. Prolog merupakan pembukaan atau peristiwa pendahuluan dalam sebuah drama atau sandiwara. 
  2. Dialog merupakan media kiasan yang melibatkan tokoh-tokoh drama yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak manusia, problematika yang dihadapi, dan cara manusia dapat menyelesaikan persoalan hidupnya. Di dalam dialog tersaji urutan peristiwa yang dimulai dengan, orientasi, komplikasi, sampai dengan resolusi. 




  • Orientasi, adalah bagian awal cerita yang menggambarkan situasi yang sedang sudah atau sedang terjadi.  
  • Komplikasi, berisi tentang konflik-konflik dan pengembangannya: gangguan-gangguan, halangan-halangan dalam mencapai tujuan, atau kekeliruan yang dialami tokoh utamanya. 
  • Resolusi, adalah bagian klimaks (turning point) dari drama, berupa babak akhir cerita yang menggambarkan penyelesaian atas konflik-konflik yang dialami para tokohnya. 




  1. Epilog adalah bagian terakhir dari sebuah drama yang berfungsi untuk menyampaikan inti sari cerita atau menafsirkan maksud cerita oleh salah seorang aktor atau dalang pada akhir cerita.




2. Kaidah Kebahasaan Drama





  1. Menggunakan kata yang menyatakan urutan waktu (konjungsi temporal), seperti: sebelum, sekarang, setelah itu, mula-mula, kemudian. 
  2. Menggunakan kata kerja yang menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi, seperti menyuruh, menobatkan, menyingkirkan, menghadap, beristirahat. 
  3. Menggunakan kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh tokoh, seperti : merasakan, menginginkan, mengharapkan, mendambakan, mengalami.
  4. Menggunakan kata-kata sifat untuk menggambarkan tokoh, tempat, atau suasana. Kata-kata yang dimaksud, misalnya, ramai, bersih, baik, gagah, kuat.




D. Menulis Teks Drama





1. Teks Drama dari Karya yang Sudah Ada





Membuat naskah drama dari karya yang sudah ada tidak begitu sulit. Hal ini karena ide cerita, alur, latar, dan unsur-unsur lainnya sudah ada. Kamu hanya mengubah formatnya ke dalam bentuk dialog.





Oleh karena itu, tugas kamu dalam hal ini adalah mengubah seluruh rangkaian cerita yang ada dalam novel ke dalam bentuk dialog. Adapun dalam dialog itu, ada tiga unsur yang tidak boleh dilupakan, yakni tokoh, wawancang, dan kramagung.





2. Naskah Drama dengan Orisinalitas Ide





Langkah-langkah penulisannya tidak jauh berbeda dengan ketika menulis cerpen, puisi, ataupun karya-karya fiksi lain. 





  • Menentukan topik, yakni berupa suatu peristiwa yang menarik dan memiliki konflik yang kuat. 
  • Menentukan tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya serta karakternya.
  • Membuat kerangka alur, yang menarik dan tidak mudah ditebak (penuh kejutan). 
  • Mengembangkan kerangka itu ke dalam dialog-dialog dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya yang tepat.




3. Pementasan Karya Sendiri





Langkah-langkah pementasan drama berikut :





  1. Melakukan pembedahan secara bersama-sama terhadap isi naskah yang akan dipentaskan. 
  2. Reading. Calon pemain membaca keseluruhan naskah sehingga dapat mengenal masing-masing peran. 
  3. Casting. Melakukan pemilihan peran. Tujuannya agar peran yang akan dimainkan sesuai dengan kemampuan akting pemain. 
  4. Mendalami peran yang akan dimainkan. 
  5. Blocking. Sutradara mengatur teknis pentas, yakni dengan cara mengarahkan dan mengatur pemain. 
  6. Running. Pemain menjalani latihan secara lengkap, mulai dari dialog sampai pengaturan pentas. 
  7. Gladi resik atau latihan terakhir sebelum pentas. Semua bermain dari awal sampai akhir melakukan latihan akhir; tanpa ada kesalahan lagi. 
  8. Pementasan. Semua pemain sudah siap dengan kostumnya. Dekorasi panggung sudah lengkap.












Untuk download file Rangkuman materi dalam bentuk PDF silahkan klik menu download berikut. Kemudian akan diarahkan ke halaman file yang tersimpan di Google Drive. Silahkan klik download!









Untuk mengakses file rangkuman semua bab silahkan lihat daftar isi rangkuman berikut ini! Semoga file rangkuman ini bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar.





Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1





BabRangkuman Materi
Bab 1Berita Seputar Indonesia
Bab 2Iklan Saran Komunikasi
Bab 3Teks eksposisi dalam media massa
Bab 4Indahnya Berpuisi
Bab 5Urutan cerita menarik dalam eksposisi




Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2





BabRangkuman Materi
Bab 6Ulasan karya kita
Bab 7Berbahasa persuasif
Bab 8Drama-drama kehidupan
Bab 9Kembangkan kegemaran membaca