Cara Membuat dan Menyusun LKS yang Baik
Penggunaan LKS sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran, sehingga seolah-olah penggunaan LKS dapat menggantikan kedudukan seorang guru. Hal ini dapat dibenarkan, apabila LKS yang digunakan tersebut merupakan LKS yang berkualitas baik.
LKS dikatakan berkualitas baik bila memenuhi syarat (Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis, 1992 : 41-46) sebagai berikut :
Daftar Isi
Syarat-syarat Didaktik Menyusun LKS
LKS sebagai salah satu bentuk sarana PBM haruslah memenuhi persyaratan didaktik, artinya LKS harus mengikuti asas-asas belajar-mengajar yang efektif, yaitu :
- Memperhatikan adanya perbedaan individual.
- Tekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep.
- Memiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kegiatan peserta didik.
- Dapat mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral, dan estetika pada diri peserta didik.
- Pengalaman belajarnya ditentukan oleh tujuan pengembangan pribadi peserta didik dan bukan ditentukan oleh materi bahan pelajaran.
Syarat-syarat Konstruksi Menyusun LKS
Syarat konstruksi ialah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa-kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakikatnya haruslah tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh pengguna yaitu peserta didik.
Adapun struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut :Syarat-syarat Teknis Menyusun LKS
Langkah-Langkah Penulisan LKS
Struktur LKS