Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Menyusun LKS yang Baik


Penggunaan LKS sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran, sehingga seolah-olah penggunaan LKS dapat menggantikan kedudukan seorang guru. Hal ini dapat dibenarkan, apabila LKS yang digunakan tersebut merupakan LKS yang berkualitas baik.





menyusun LKS




LKS dikatakan berkualitas baik bila memenuhi syarat (Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis, 1992 : 41-46) sebagai berikut :






Syarat-syarat Didaktik Menyusun LKS





LKS sebagai salah satu bentuk sarana PBM haruslah memenuhi persyaratan didaktik, artinya LKS harus mengikuti asas-asas belajar-mengajar yang efektif, yaitu :






  • Memperhatikan adanya perbedaan individual.

  • Tekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep.

  • Memiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kegiatan peserta didik.

  • Dapat mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral, dan estetika pada diri peserta didik.

  • Pengalaman belajarnya ditentukan oleh tujuan pengembangan pribadi peserta didik dan bukan ditentukan oleh materi bahan pelajaran.






Syarat-syarat Konstruksi Menyusun LKS





Syarat konstruksi ialah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa-kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakikatnya haruslah tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh pengguna yaitu peserta didik.









  • Menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan peserta didik.
  • Menggunakan struktur kalimat yang jelas.
  • Memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.
  • Hindarkan pertanyaan yang terlalu terbuka.
  • Tidak mengacu pada buku sumber yang di luar kemampuan keterbacaan peserta didik.
  • Menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada peserta didik untuk menuliskan jawaban atau menggambar pada LKS.
  • Menggunakan kalimat yang sederhana dan pendek.
  • Menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata.
  • Dapat digunakan untuk semua peserta didik, baik yang lamban maupun yang cepat.
  • Memiliki tujuan belajar yang jelas serta bermanfaat sebagai sumber motivasi.
  • Mempunyai identitas untuk memudahkan administrasinya.  








Syarat-syarat Teknis Menyusun LKS









  • Menggunakan huruf cetak dan tidak menggunakan huruf Latin atau Romawi.
  • Gunakan huruf tebal yang agak besar untuk topik, bukan huruf biasa yang diberi garis bawah.
  • Gunakan tidak lebih dari 10 kata dalam satu baris.
  • Gunakan bingkai untuk membedakan kalimat perintah dengan jawaban peserta didik.
  • Usahakan perbandingan besarnya huruf dengan besarnya gambar serasi.  








Langkah-Langkah Penulisan LKS





  • Melakukan analisis kurikulum; standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan materi pembelajaran.
  • Menyusun peta kebutuhan LKS
  • Menentukan judul LKS
  • Menulis LKS
  • Menentukan alat penilaian




Struktur LKS





Adapun struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut :





  • Judul, mata pelajaran, semester, dan  tempat
  • Petunjuk belajar
  • Kompetensi yang akan dicapai
  • Indikator,
  • Informasi pendukung
  • Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
  • Penilaian