Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Ujian Praktek Mata Pelajaran IPA



KISI-KISI UJIAN PRAKTEK MATA PELAJARAN IPA



  • Standar Kompetensi:


          Memahami konsep kemagnitan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.




    • Kompetensi Dasar:


             Mendeskripsikan gejala kemagnitan dan pemanfaatannya dalam teknologi.



    • Indikator:


             Siswa dapat membuat magnet dengan cara menggosok dan mengaliri Arus listrik.



    • Materi Pokok:


              Kemagnetan




    Rubrik Penilaian



     








































    No


    Kriteria


    Skor Max


    1

    Menentukan Alat dan Bahan
    20


    2

    Cara menggunakan alat
    20


    3

    Hasil Pengamatan
    20


    4

    Jawab Pertanyaan
    20


    5

    Mengambil Kesimpulan
    20

    Jumlah Nilai
    100



    PERCOBAAN LISTRIK DINAMIS



    (Durasi 20 Menit)


    • SKL 5 :


             Memahami konsep kelistrikkan dan kemagnitan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.



    • Indikator:


             Menentukan berbagai besaran Fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik.



    • Tujuan:



    1. Menyusun rangkaian listrik tertutup secara benar

    2. Menggunakan dan membaca alat ukur amperemeter dan Volt-meter pada rangkaian



    • Alat dan Bahan:



    1. Dua buah lampu ½ watt, (lampu senter)

    2. Dua buah batter 1,5 V

    3. Kabel secukupnya atau sirkuit yang ada di sekolah masing-masing

    4. Dua buah Avometer yang sudah di setting oleh guru sebagai Aperemeter dan Volmeter.

    5. Saklar



    • Langkah Kerja:



    1.   Susun alat dan bahan sesuai skema/ gambar berikut.


            


     Kisi-Kisi Ujian Praktek  Mata Pelajaran IPA


    •   Keterangan :


               L = lampu
              ∑ = batter
               s = saklar
              A = Amperemter
              V = Voltmeter



    1. Hubungkan saklar.

    2. Periksa rangkaian diatas, apakah semua rangkaian sudah terhubung dengan melihat nyala lampu.

    3. Lakukan pengukuran beda potensial lampu, tulis hasilnya pada tabel.

    4. Lakukan pengukuran kuat arus rangkaian, tulis hasilnya pada tabel.

    5. Buatlah kesimpulan. 

    6.  


    Tabel Hasil Pengukuran


     























    No


    Kegiatan


    Skala yang ditunjukkan


    Hasil Pengukuran


    1

    Pengukuran beda potensial lampu




    2

    Pengukuran kuat arus listrik rangkaian





    Gunakan Rumus:

    Hasil Pengukuran =
     Skala yang ditunjukkan x batas
    Skala maximum x ukur


    Catatan:



    • Siswa tidak mengubah-ubah alat ukur yang sudah di setting oleh Guru.

    • Spesifikasi alat dan bahan disesuaikan sehingga kuat arus listrik masih memungkinkan terukur oleh alat ukur ammeter


    Penilaian:


    No. Aspek yang dinilai Skor



    1. Menyusun alat dengan benar 40

    2. Mengukur beda potensial lampu 20

    3. Mengukur kuat arus 20

    4. Keterampilan kinerja 10

    5. Kesimpulan 10 


    Jumlah 100